Apakah Anda Karyawan Bintang?



 
“Bu, seperti apakah karyawan bintang itu?”, tanya salah seorang peserta seminar saya pada saat coffee break. Ini adalah petanyaan yang sering ditujukan kepada saya, yang mungkin juga pertanyaan di benak Anda.
Seorang karyawan bintang menurut pandangan saya adalah seseorang yang mampu mengoptimalkan potensinya, dan meraih prestasi di tempat kerjanya. Prestasi di sini semata-mata diukur dari reward yang ia dapat. Juga pencapaian lain seperti kemampuan memenuhi tuntutan pekerjaan.
Jadi apakah Anda seorang pekerja bintang? Ini tidak semata-mata diukur berapa banyak bonus yang Anda terima setiap bulannya. Bagaimana Anda mampu meraih target-target. Lebih dari itu. Perusahaan Anda harus bisa mengandalkan Anda. Anda menjadi pilihan pertama pimpinan Anda saat masalah pelik terjadi.
Lalu seperti apakah ciri dari seorang pekerja bintang itu? Dari hasil pengamatan saya terhadap para karyawan dengan label star di berbagai perusahaan, mereka memiliki kesamaan ciri, antara lain
Pertama. Senantiasa mengerjakan tugas tepat waktu. Ini adalah ciri dasar dari para karyawan bintang. Mereka memiliki kecintaan terhadap pekerjaannya sehingga ia tidak punya alasan menunda-nuda menyelesaikan tanggung jawabnya.
Kedua. Selalu membuat para pengguna hasil kerjanya merasa puas. Mereka bekerja dengan sepenuh hati dan penuh komitmen, sehingga hasil pekerjaannya selalu optimal dan memuaskan.
Ketiga. Senantiasa mengambangkan keterampilan dan skill. Salah satu ciri dari para karyawan bintang, adalah mereka selalu mau belajar. Tidak pernah puas dengan pencapaiannya.
Keempat. Kompeten di bidangnya. Tentu ini terkait dengan kemauannya belajar dan terus mengembangkan keterampilannya sehingga ia memiliki kompetensi terkait bidang pekerjaannya.
Kelima. Ketika ada persoalan atau masalah, dia orang yang pertama dimintai pertimbangan. Tentu ini terkait dengan kompetensi yang mereka miliki.
Keenam. Memiliki daya saing tinggi. Keahlian, sikap mental dan etos kerja yang baik membuat mereka menjadi karyawan yang menonjol di antara staf lainnya.
Ketujuh. Memiliki sikap ataupun perilaku berorganisasi yang positif. Seorang karyawan bintang tidak hanya memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni namun juga attitude yang baik. Mereka mampu bekerja dengan baik dalam tim atau bersama orang lain dan memiliki sikap yang baik di tempat kerja.
Intinya seorang karyawan bintang adalah yang menjaga keseimbangan antara knowledge, skill dan attititude. Dalam istilah SDM mereka bisa disebuat achiever.  So apakah Anda memiliki ciri-ciri yang saya sebutkan di atas ? Jika ya, maka Anda termasuk karyawan bintang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar